Cara Membuat Tas Tali Kur Motif Bunga Mawar Timbul Menggunakan Tali Kur Blink Milenium Perak Mengkilat

Hai sobat semua! Sudah lama sekali rasanya tidak share hal-hal yang bermanfaat. Kali ini saya akan share tentang bagaimana membuat tas tali kur. Sebelumnya kita berkenalan dulu dengan tali kur. Mungkin diantara sobat ada yang pernah melihatnya tapi tidak tau kalau ternyata tali itu namanya tali kur. Kalau sobat pernah melihat tali peluit pramuka itulah sebenarnya tali kur. Biasanya bisa sobat temui juga pada tali sepatu dan tali yang digunakan untuk lilitan pegangan pisau sangkur, pisau kunai naruto dan pedang samurai. Nah sudah tau kan apa itu tali kur. Mungkin sudah terbayang seperti apa bentuknya.

Tali kur yang saya ketahui sampai saat ini memiliki berbagai macam jenis, ukuran dan berbagai macam bahan. Adapun untuk membuat tas biasanya tali kur yang digunakan berbahan PP (Polypropylene). Sedangkan ukuran yang biasa saya gunakan adalah tali kur yang berdiameter 3mm. Tali kur jenis ini banyak tersedia di pasaran. Sementara untuk jenisnya yang saya ketahui baru ada 2 macam yaitu tali kur biasa dan tali kur Mengkilat. Tali kur mengkilat biasa dikenal dengan tali kur blink.

Mengapa menggunakan tali kur? Ada beberapa alasan mengapa saya memilih tali kur sebagai bahan untuk membuat tas. Berikut ini saya jelaskan secara singkat kelebihan tali kur :

1. Pertama karena sudah banyak tas yang dijual terbuat dari tali kur sehingga sudah ada pangsa pasarnya. 
2. Kedua, tali kur lembut dan mudah dibentuk dalam rajutan. 
3. Ketiga, tali kur berbahan PP memiliki serat yang halus. 
4. Keempat, tali kur berbahan PP cukup kuat jika ditarik dengan tarikan yang kuat biasanya tidak putus.
5. Kelima, tali kur banyak dijual dipasaran dengan berbagai macam ukuran dan warna.

Itulah 5 kelebihan mengapa saya memilih tali kur sebagai bahan utama untuk membuat tas.

Nah, sekarang bagaimana dengan tali kur blink?

Tali kur blink adalah tali kur biasa yang di luarnya dilapisi oleh lapisan benang mengkilat/blink. Sehingga tali kur jenis ini lebih mahal dan tas yang dihasilkan juga lebih menawan. Tali kur blink juga memiliki berbagai macam warna. Dalam panduan ini tali kur blink yang saya gunakan adalah tali kur blink warna hitam dan perak milenium.

Cara Membuat Tas Tali Kur Blink Simpul Dasar

Untuk membuat tas dari tali kur blink kita memerlukan peralatan dan bahan yang sudah harus disiapkan terlebih dahulu agar proses pengerjaannya bisa berjalan lancar. Apa saja alat dan bahan yang kita perlukan? Yuk lengkapi daftarnya seperti di bawah ini :

1. 1 Rol tali kur blink warna hitam.
2. 1 Rol tali kur blink warna perak milenium.
3. Gunting, untuk memotong tali kur.
4. Korek Api Gas, untuk menyambung tali kur atau merapikan ujung tali kur.
5. Kain Puring, untuk melapisi dinding bagian dalam tas.
6. 1/2 meter Resleting, untuk pengunci tas.
7. Benang dan jarum, untuk menjahit kain puring.
8. Air minum secukupnya diperlukan karena posisi duduk yang lama saat pengerjaan untuk menjaga kesehatan.
9. Tambahan makanan ringan jika ada hehe.

Ayo siapkan terlebih dahulu alat dan bahan seperti di atas. Kalau belum siap kita belum bisa mulai nih. Jangan lupa snacknya ya hehe. Jika peralatan dan bahan sudah disiapkan mari kita mulai membuatnya. Untuk lebih sistematis saya akan menjelaskan tahap demi tahap menggunakan nomor. Inilah tahapan yang harus kita tempuh dalam membuat tas tali kur blink simpul dasar :

1. Potonglah tali kur blink yang sudah disiapkan tadi dengan ketentuan berikut :
  • Untuk tali kur blink warna perak potong masing-masing sepanjang 2,5 meter sebanyak 40 helai tali.
  • Untuk tali kur warna hitam potong masing-masing sepanjang 2,5 meter juga sebanyak 20 helai saja.
2. Total tali dari langkah nomor 1 adalah 60 helai. Sekarang mari kita mulai membuat simpul dasarnya. Ambillah 2 helai tali kur warna hitam. Lalu lipat dua sama panjang sehingga tali menjadi 4 helai seperti gambar. Untuk mempermudah kita beri nomor saja talinya dari kiri ke kanan nomor 1 sampai nomor 4.


3. Ambil tali nomor 4 lalu silangkan ke arah tali nomor 1 sebelah kiri melewati bagian belakang tali nomor 2 dan 3. Agar lebih jelas silahkan lihat gambar.

cara membuat tas tali kur blink

4. Kemudian ambil ujung tali nomor 1 lalu masukkan ke dalam lubang yang terbentuk dari tali nomor 3 dan 4 sebelah kanan.

membuat simpul dasar tali kur blink warna hitam

5. Kencangkan dengan menarik tali nomor 1 dan nomor 4. Usahakan ujung tali 1 dan 4 sama panjang begitu juga dengan ujung tali 2 dan 3 sama panjang.

belajar Simpul dasar tali kur

6. Ulangi langkah 3 sampai langkah 5 untuk tali sebelah kiri. Kalau tadi dimulai dari yang kanan tali nomor 4. Sekarang dibalas bergantian yang sebelah kiri lagi yakni tali nomor 1 yang disilangkan ke arah kanan melewati bagian belakang tali nomor 2 dan 3.

membuat simpul dasar tali kur blink

7. Kemudian ambil ujung tali nomor 4 lalu masukkan ke lubang yang terbentuk antara tali 1 dan 2 yaitu lubang sebelah kiri.

simpul dasar tas tali kur blink step by step

8. Kencangkan simpulnya dengan menarik kuat keempat talinya. Sampai disini kita sudah berhasil membuat simpul dasar untuk tas tali kur blink. selamat ya kamu berhasil.


Simpul dasar tas tali kur blink

Tahap berikutnya kita membuat simpul dasar lagi untuk tali yang masih bersisa 58 helai lagi. Masih banyak ya duh sudah capek nih kayaknya hehe. Kesabaran benar-benar diuji dalam membuat tas tali kur ini. Ketekunan dan keuletan memang sangat dibutuhkan agar tasnya selesai. Saya dulu waktu pertama kali butuh waktu 2 bulan untuk membuat tas dikarenakan baru setengah jalan udah merasa capek dan jenuh. Akhirnya saya lanjutkan jadi juga tasnya.

Teruslah selesaikan simpul dasarnya untuk 58 helai tali lagi. Nanti jika sudah selesai kita akan dapati 20 simpul tali kur blink warna perak dan 10 simpul tali kur blink warna hitam.

Menyatukan Motif Dasar Tas Tali Kur Blink Bagian Atas

Langkah berikutnya adalah kita menyatukan simpul-simpul dasar yang sudah kita buat tadi. Cara menyatukannya yaitu dengan 2 simpul perak dan 1 simpul hitam selang seling seperti itu terus. Untuk menyatukannya tekniknya sama persis seperti membuat simpul dasar yang pertama tadi. Daripada bingung lebih baik kita ulangi penjelasannya agar lebih faham dan lancar. Berikut ini langkah-langkahnya :

Pada gambar dibawah ini sudah tersedia tali kur blink dengan simpul dasar. Sebelah kanan yakni simpul dasar yang perak merupakan gabungan dari 2 simpul dasar yg sudah dibuat. Adapun caranya akan kita praktekkan sebentar lagi dengan simpul warna hitam digabungkan ke simpul dasar warna perak.


1. Langkah pertama yaitu kita ambil 2 helai tali sebelah kanan dan 2 helai tali sebelah kiri. Untuk tali yang lain abaikan dulu. setelah terlihat seperti gambar maka bisa juga kita beri nomor urut 1 sampai 4 dari kiri ke kanan seperti pada langkah sebelumnya. Nah kali ini kita langsung saja silangkan tali nomor 4 ke arah kiri melewati belakang tali 2 dan 3.


2. Kemudian balas dengan memasukkan ujung tali nomor 1 ke dalam lubang sebelah kanan yang terbentuk dari tali nomor 3 dan 4.


3. Kencangkan kedua talinya sehingga terbentuk seperti gambar di bawah.



4. Selanjutnya kalau tadi dari sisi sebelah kanan tali nomor 4, sekarang dibalas dari sisi sebelah kiri tali nomor 1 yang di silangkan ke arah kanan melewati bagian bawah tali nomor 2 dan 3


5. Kemudian balas lagi dengan memasukkan ujung tali nomor 4 ke lubang sebelah kiri perhatikan gambar di bawah ini.


6. Tarik kencang sehingga terbentuklah simpul dasar lagi dan simpul dengan simpul pun telah terhubung. Ulangi terus langkah ini hingga seluruh simpul tersusun rapi sebanyak 30 simpul kepala. Jangan lupa memasangnya selang seling. 2 simpul perak 1 simpul hitam. Maka nantinya simpul-simpul tersebut akan membentuk lingkaran yang bersatu dan inilah bagian atas simpul dasar dari tas tali kur blink yang sedang kita buat.

  
7. Hingga akhirnya jadi seperi ini. Buatlah hingga 7 baris simpul dihitung menyamping. Jadi motif simpul dasarnya kira-kira memiliki ketinggian 7-10 cm. Fungsinya juga untuk tempat memasang handle tas dan juga tali tas.

tas tali kur blink warna hitam dan perak

Foto di atas merupakan foto tas tali kur blink yang sudah jadi dengan perpaduan warna hitam dan perak. Sebenarnya panduan ini belum selesai. Kita baru sampai pada tahap membuat bagian atas tas dengan motif simpul dasar. Nah, mungkin teman-teman masih ada beberapa pertanyaan lagi seperti :

1. Bagaimana membuat motif bunga mawar timbulnya?
2. Bagaimana membuat bagian alas/bawah tasnya?
3. Bagaimana memasang handle dan tali tasnya?
4. Bagaimana memasang kain puringnya?
5. Bagaimana memasang resletingnya?

Dari 5 pertanyaan tersebut akan terjawab dengan kita melanjutkan langkah berikutnya. Karena sudah mulai capek, maka saya istirahat dulu dan silahkan teman-teman minum air yang sudah disediakan sebelumnya dan makan makanan ringannya. Baiklah sampai disini dulu. Nanti kalau ada waktu akan saya lanjutkan lagi. Tergantung dari sebesar apa tanggapan teman-teman terhadap minat untuk membuatnya. Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Tali Kur

Cara Mudah Membuat Tas Motif Mawar Timbul Menggunakan Tali Kur Blink Warna Milenium Perak Mengkilat